Kuliner Indonesia Masa Kini Terus Berkembang Seiring Zaman

Kamis, 19 September 2019 - 12:45 WIB
Kuliner Indonesia Masa Kini Terus Berkembang Seiring Zaman
Kuliner Indonesia Masa Kini Terus Berkembang Seiring Zaman
A A A
JAKARTA - Makanan Indonesia kini semakin berkembang, meskipun belum sepopuler kuliner Jepang dan Thailand. Namun, dibandingkan lima tahun lalu, menurut pakar kuliner sekaligus chef ternama Tanah Air Sisca Soewitomo, kuliner Indonesia terus bergerak maju mengikuti zaman dan semakin bervariasi.

Ini bisa dilihat dari semakin banyaknya kuliner khas Indonesia yang divariasikan dengan berbagai macam bahan tambahan. Sebut saja kue pancong dengan topping keju hingga red velvet. Ada juga olahan ayam hingga minuman menyegarkan dan lain-lainnya.

"Kombinasi datang belakangan, yang penting tau dasarnya dulu. Kemudian bisa dipadu dengan burger, itu bisa saja. Es cendol khas Indonesia sekarang bisa diimplementasikan dengan ragam pilihan seperti tape dan bahan lainnya," kata Sisca di Jakarta.

Kehadiran teknologi yang semakin maju juga diungkapkan oleh Sisca memberikan pengaruh besar pada perkembangan kuliner Indonesia. Kendati demikian, kuliner tidak hanya sekedar di foto dan diunggah ke media sosial tapi juga harus dicicipi sehingga penggunaan bumbu dan kualitas tetap harus dijaga.

"Teknologi memang membantu tapi dengan menghadirkan bumbu yang memang standar," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7767 seconds (0.1#10.140)